• (031) 567-5360

Recent post

Tanda Komputer Diserang Virus dan Malware

Seperti tubuh yang sedang diserang penyakit, kompu . . .

Penyebab Komputer Mati Sendiri dan Hidup Lagi Serta Cara Mengatasinya

Penyebab komputer mati sendiri dan hidup lagi bias . . .

5 Penyebab Komputer Lemot Saat Dinyalakan

Post by Admin | 03 Oktober 2019

Komputer atau laptop lemot memang jadi salah satu hal paling menyebalkan, terutama saat baru dinyalakan. Aktivitas kamu yang membutuhkan perangkat komputer atau laptop sesegera mungkin tentunya akan jadi terhambat. Nyebelin banget, bukan? 

Ini 5 Penyebab Komputer Lemot Saat Dinyalakan

Gak melulu soal virus, malware atau kerusakan perangkat, program atau aplikasi yang ada di komputer atau laptop kamu ternyata juga bisa jadi penyebab komputer atau laptop kamu lemot saat akan dinyalakan. Berikut ini lima programnya:

1. Gaming Client

Kamu yang berstatus gamer pastinya populer dengan yang namanya gaming client. Salah satu yang paling banyak digunakan adalah Steam. Berbagai game dari berbagai genre sebut saja RPG, free to play, adventure hingga indie bisa kamu mainkan menggunakan akun yang ada di program tersebut.

Tapi tahukah kamu kalau penggunaan Steam atau program sejenis ternyata jadi salah satu penyebab laptop lemot? Salah satu keuggulan menggunakan gaming client adalah adanya updateatau pembaruan secara berkala pada game yang kita mainkan. Hal itu otomatis membuat laptop jadi melambat begitu dinyalakan.

2. Aplikasi Chatting

Berbagai aplikasi chatting kini memiliki berbagai versi yang bisa digunakan alias kompatibel di berbagai perangkat yang kamu punya, termasuk komputer dan laptop. Mayoritas aplikasi chattingbisa langsung memulai otomatis kala komputer dinyalakan.

Bermaksud untuk memudahkan, fitur tersebut nyatanya malah akan jadi salah satu penyebab komputer lemot alias melambat saat dinyalakan. Akan langsung memasang status online sembari membiarkan pengguna lain mengetahui kamu sudah terhubung, bug yang ada di aplikasi chattingmalah menjadikan perangkat lambat ketika dinyalakan.

3. Program Adobe

Adobe memiliki berbagai program yang sangat berguna, terutama bagi kamu para pelajar atau pekerja/profesional yang sehari-hari menggunakannya. Sayangnya, beberapa fitur seperti auto-update dan yang lainnya juga bisa membuat komputer atau laptop melambat alias lemot begitu dinyalakan.

4. Cloud Storage

Cloud storage atau tempat penyimpanan digital yang menggunakan ruang di internet ternyata bisa jadi salah satu hal yang menyebabkan perangkat komputer atau laptop kamu melambat saat dinyalakan lho.

Ya, program semisal Google Drive atau DropBox bisa dengan otomatis mensinkronisasi file kamu begitu perangkat dinyalakan. Dengan kata lain, cloud storage akan mempengaruhi kecepatan proses tersebut dalam hal ini melambatkannya.

5. Program atau Aplikasi Apple

Kamu pengguna komputer atau laptop berbasis Windows tapi sering atau gemar menggunakan berbagai program dari Apple tampaknya harus lebih berhati-hati. Berbagai program dari Apple sebut saja iTunes Helper atau Apple Push nyatanya bisa membuat komputer atau laptop kamu lemot saat dinyalakan.